Sebelum baca tulisan ini, jangan lupa buat hidupin suara dari video di bawah untuk dapetin suasana kalian lagi di mobil atau bis ketika di luar hujan, ya. Kalau kebetulan baca ini sambil lagi di jalan dan lagi hujan, sepertinya gak perlu.

Percayalah, ini menyenangkan sekali. Setel sambil tidur juga oke.


I usually write short bursts of words in my photography IG-page, but this one is going to be a bit lengthier than usual. Buckle up, folks!

Kota Kasablanka in April 2020. It’s bizarre to see the notorious “Mall sejuta umat” was this empty last year. Taken by Ibi — 2020

Last day. I will miss this space that I have occupied for the last couple of weeks.


The penultimate day before the end of the challenge. Satu hari lagi boss…

Karena skala yang mengecil itulah yang tadinya small accomplishments biasa dipandang sebelah mata atau hanya sekedar lewat aja, sekarang berasa jadi gede banget.

Judulnya nggak bikin sedih kok, malah ada secercah optimisme di situ, buat gue, entah yang baca setuju apa nggak. Gimana nggak, kita udah “dikokop” (anjay, dikokop, kek…


Photo by Dimitri on Unsplash

Day 28…two days to go…whoo…


Hari ke-27 #30DaysWritingChallenge. Masih kuat, masih bisa nulis, mumpung latihan, kan?

Sering banget kita suka meleng ngeliat Indonesia kadang hanya dari beberapa daerah yang sering masuk berita[…]Untungnya karena ada orang-orang yang datang dari berbagai macam latar belakang lewat siniar ini, mulailah satu per satu muncul ke permukaan.

One word to start it all | Photo by Danielle MacInnes on Unsplash

Day 26 — #30DaysWritingChallenge

Image by Maike und Björn Bröskamp from Pixabay

Sebagai sekolah yang selalu berubah sesuai dengan zamannya, secara nggak langsung, kita udah mulai luwes dengan cara memandang pertemanan dan mungkin bakalan lebih segmented.

SMA? SMP? SD? Taman Kanak-Kanak? Playgroup? PAUD? (yak sebut teruss…) Nggak lah, pokoknya disuruhnya nulis tentang sekolahan gue. Masalahnya umur gue bukan umur anak sekolahan lagi…


Something inspired? Pfftt…think again. This has nothing to do with inspiration or anything. I just found the photo to be worth of posting, rather than the story behind it. Well…5 days to go to complete this tiring-yet-rewarding-in-some-ways challenge.

The infamous Clock replica from Arsenal’s Highbury days at the Diamond Club in the Emirates Stadium/Ashburton Grove. No, it was only a stadium tour. Nothing more. | Photo by Shubhi Rofiddinsa.

[…]I just think a clock symbolises moments of your life. Be it wasted or precious, only the owner knows.

Pilgrimage isn’t what I would call my experience going to the stadium I used to see through the glass of a television only. It was a humbling experience to see the…


Day 24 of #30DaysWritingChallenge. No, I haven’t watched the K-Series, where Seo Yea-Ji is in it.

Photo by engin akyurt on Unsplash

Udah pernah bikin juga sih sebenernya mirip-mirip begini, tapi itung-itung merayakan 8 tahun tinggal di Jerman, nggak ada salahnya…kita bikin yang buat 8 tahun yang akan datang.

Photo by Guilherme Stecanella on Unsplash

Halo buat lo di 2028,

Bisa jadi ini nggak akan bisa kebaca karena mungkin Medium di tahun itu udah berganti nama atau bahkan udah nggak ada lagi di direktori halaman web di tahun itu.

Shubhi Rofiddinsa

Conveniently Mundane. Voice behind Tepak Bulu.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store